27 Perangkat Pembelajaran yang Wajib di miliki oleh Guru

foppsiwanasaba.com, Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Perangkat pembelajaran adalah hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

27 Perangkat Pembelajaran yang Wajib di miliki oleh Guru

Oleh karena, Guru yang dapat dikatakan professional selain mampu menyampaikan materi dengan baik kepada peserta didiknya juga harus memiliki Administrasi yang akan membuktikan bahwa proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang ada dalam aturan yaitu tidak menyimpang dari perangkat pembelajaran.

Kali ini kami memberikan format Administrasi 27 Perangkat Pembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap guru guna tercapainya pembelajaran yang baik dan benar sesuai aturan. Baiklah, Administrasi apa saja yang harus dimiliki?

Administasi Perangkat Pembelajaran yang harus dimiliki adalah 27 model perangkat pembelajaran antara lain sebagai berikut :
1.        Kalender Pendidikan
2.      Jadwal Pelajaran          
3.      Program Tahunan          
4.      Analisis Program Semester
5.      Program Semester
6.      RPP
7.      Silabus
8.      KKM
9.      Pemetaan SK-KD
10.   Analisis SKL
11.     Analisis Tujuan

( Format poin 2 s/d 11 dapat di Unduh disini )


18.   Buku Ulangan Bergiliri
19.    Buku Informasi Penilian (Buku Catatan Pelaksanaan Ulangan)
20.  Buku Pelaksanaan Harian Pembelajaran (Batasan Mengajar)
21.    Buku Tugas Tidak Terstruktur
22.  Buku Tugas Terstruktur
23.  Laporan Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian
24.  Jadwal Mengajar Guru
25.  Pemetaan Standar Isi
26.  Daftar Pengembalian Hasil Ulangan
27.  Catatan Kesulitan Belajar Mengajar

( Format poin 18 s/d 27 dapat di Unduh disini )

Itulah Administrasi 27 PerangkatPembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap guru, nah, jika semuanya sudah bisa dilaksanakan dengan baik maka insyaallah kita dapat dikategorikan Guru yang professional.

Semoga dapat bermanfaat jangan lupa share ya. Salam sahabat foppsiwanasaba.com

Belum ada Komentar untuk "27 Perangkat Pembelajaran yang Wajib di miliki oleh Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel