Langkah-Langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019

Langkah-Langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019 - Hallo sahabat foppsiwanasaba.com dimanapun berada, kabar gembira kami sampaikan kepada rekan-rekan Operator PAUD bahwa Dapodik offline (PAUD) telah dirilis pada tanggal 24 Agustus 2018 Untuk pengisian data Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu di perhatikan, sebelum menggunakan aplikasi ini, mohon untuk membaca dengan seksama Pedoman terlebih dahulu untuk mengantisipasi kesalahan dalam registrasi. Adapun Panduannya Anda dapat Unduh DINI.
Baca Juga : Cara Tarik Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik 2019
Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini adalah : 
  1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter. 
  2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing. 
  3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  4. Aplikasi Offline (PAUD) dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter. 
  5. Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui kode registrasi baru dengan login ke manajemen (https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/Account/LoginSP) menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu. 
Langkah-Langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019
Langkah-Langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019
Nah, itu beberapa hal yang perlu kiranya kita perhatikan sebelum melakukan registrasi aplikasi Dapodik PAUD 2019 ini. Baiklah, kami tidak akan panjang lebar langsung saja menuju topik utama yaitu langkah-langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019 sebagai berikut : 
Baca Juga : Download Aplikasi Dapodikdasmen 2019
1. Registrasi dilakukan di aplikasi Manajemen (https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/)
2.Pilih menu Login In>Satuan Pendidikan. seperti gambar dibawah ini

3. Kita Tekan tombol Daftar Baru/Lupa Password

4. Lalu Masukkan 36 digit nomor registrasi yang didapatkan di dinas pendidikan setempat, beserta NSPN lalu tekan tombol Verifikasi. 

5. Jika kode registrasi dan NPSN benar, dan belum ada pengguna untuk satuan pendidikan tersebut maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran pengguna baru. Masukkan Nama Lengkap, email, Password, Nomor HP, No. Telp kemudian simpan untuk membuat pengguna/user Dapodik Baru. 
6. Apabila Pengguna di satuan pendidikan tersebut sudah ada, maka email dan nama pengguna sudah tidak dapat diubah. akan tetapi pengguna masih dapat melakukan perubahan password, dengan syarat email sudah terverifikasi. Menghapus/mengubah pengguna dapat dilakukan melalui aplikasi manajemen atau dengan meminta bantuan dinas untuk mereset pengguna. 

PEMILIHAN APLIKASI DAN METODE SINKRONISASI 

1. Sebelum menggunakan aplikasi Dapodik Online atau Offline, masing-masing satuan pendidikan melakukan pemilihan penggunaan aplikasi dan metode sinkronisasi Dapodik. Pemilihan ini dilakukan pada aplikasi manajemen (https://manajemen.pauddikmas.kemdikbud.go.id). Untuk itu, silahkan login sebagai satuan Pendidikan menggunakan akun Dapodik yang sudah Anda miliki. 

2. Setelah Login maka akan mucul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. 
Catatan : 
- Pastikan menu satuan pendidikan terpilih
- Pastikan data Identitas Lembaga sudah terisi dengan baik dan benar. 
- Klik Tombol di sebelah ikon wifi/Internet. 
- Pilih Aplikasi dan Metode sinkronisasi yang akan Anda gunakan. 
Ulasan dari Pilihan Aplikasi dan Metode sinckronisasi adalah sebagai berikut : 
a. Dapodik Online : Pengerjaan data dilakukan secara online pada web https://app.pauddikmas.kemdikbud.go.id/dapodik
b. Dapodik Offline / Sinckroniasi Online : Pengerjaan aplikasi dengan menggunakan aplikasi yang terinstal pada laptop/pc kita dan melakukan sincronisasi secara online. 
c. Dapodik Offline/Kirim File (offline) :  pada pengerjaan ini menggunakan aplikasi dapodik yang sudah terinstall juga dan sincronisasi secara offline dengan mengirim/mengupload yang dihasilkan aplikasi dapodik. 

DAPODIK OFFLINE 

Jika memilih menggunakan aplikasi Dapodik Offline, langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi melalui website  https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ kemudian lakukan install aplikasi Dapodik PAUD, kemudian install. 

DAPODIK ONLINE 

Jika Anda memilih menggunakan dapodik online, silahkan buka website https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ dapodik pengguna dapat langsung login dengan username Dapodik yang sudah dimiliki atau mendaftarkan username dan password di https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/

Nah itulah tutorial Langkah-langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019. Semoga bermanfaat jangan lupa share ya..

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Registrasi Dapodik PAUD 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel