Petunjuk Pelaksanaan OSN-SD Tahun 2019

Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat telah dirilis sejak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah kreativitas, dan sportivitas. Pelaksanaan OSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif. 

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang telah berlangsung sejak 2001, maka sebagian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Oleh karena itu, usaha-usaha untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara sistimatik, komprehensif, dan berkelanjutan. 
Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi, upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik. salah atu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatknya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti peserta didik. 
Baca Juga : Download POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019
Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat tahun 2019 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetensi secara sehat dengan mengedapankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional. 

TUJUAN UMUM 
Tujuan Umum OSN-SD Tahun 2019 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. 
Baca Juga : Download POS UN TP 2018/2019
TUJUAN KHUSUS 
Tujuan khusus OSN-SD Tahun 2019 adalah sebagai berikut : 
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika danIPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 
  2. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
  3. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari. 
  4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/MI dan atau yang sederajat; 
  5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya. 
Baca Juga : Panduan Ekskul Wajib Pramuka Terbaru
PESERTA OSN-SD TINGKAT NASIONAL 
  1. Peserta adalah warga negara indonesia (WNI)
  2. Peserta adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta tingkat sekolah dasar yang telah lolos seleksi OSN-SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.
  3. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya. 
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat Internasional yaitu International Mathermatics Competition (IMC) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya. 
  5. Peserta OSN-SD tingkat nasional berjumlah 102 peserta didik untuk Bidang Matematika dan 102 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan sebagai berikut : 
  • Sejumlah 34 peserta didik berdasarkan peringkat nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 2 peserta didik. 
  • Sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi. 

PENDAMPING 
Pendamping OSN-SD tingkat nasional berjumlah 3 orang terdiri atas : 
  1. Ketua tim berjumlah 1 orang, yiatu berasal dari unsur dinas pendidikan provinsi. Ketua tim bertanggung jawab terhadap seluruh anggota tim yang dipimpinnya dan bertindak sebagai penghubung antara panitia pelaksana dan anggota tim.
  2. Pembina berjumlah 2 orang, pembina bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina yang dimaksud adalah mereka yang terlibat dalam pembinaan peserta OSN-SD di tingkat Provinsi dan mampu melakukan moderasi dengan tim juri. 
Baca juga : Download Penerima BSM Tahun 2019
Untuk lebih jelasnya silahkan bapak/ibu guru untuk download Juknis OSN-SD Tahun 2019 dibawah ini. 

Demikian yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat jangan lupa share ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel