Hasil Akreditasi 2019 Tahap 1 Provinsi Nusa Tenggara Barat

foppsiwanasaba.com, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sekolah merupakan suatu Lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Suatu sekolah dapat dikatakan berkualitas dan memiliki mutu jika mendapatkan pengakuan serta dapat penilaian dari pihak berwenang yaitu Akreditasi Sekolah/Madrasah. 

Tujuan pemerintah melaksanakan kegiatan akreditasi untuk menilai kelayakan suatu Lembaga Pendidikan dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional secara bertahap, terukur, serta terencana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) ditetapkan dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 29 Tahun 2005. 

Badan Akreditasi Nasional (BAN-S/M) adalah badan evulasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan Pendidikan jenjang dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada SNP (Standar Nasional Pendidikan). Sebagai institusi yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Mendiknas, serta BAN-S/M juga memiliki tugas dalam merumuskan kebijakan Operasional, melakukan sosialisasi kebijakan dan melaksanakan akreditasi/madrasah. 

Berikut kami sampaikan kepada sahabat foppsiwanasaba.com mengenai hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Nusa Tenggara Barat  Tahap 1 seusai Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor : 615/BAN-S/M/SK/2019 Tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Nusa Tenggara Barat  Tahap 1. 

Daftar Sekolah/Madrasah yang sudah keluar nilainya dapat anda lihat dibawah ini. 

Download File : Hasil Akreditasi 2019 Tahap 1 Prov. NTB

Mungkin masih diantara kita yang kebingungan atau masih kurang mengerti manfaat akreditasi. Jadi hasil akreditasi suatu Lembaga Pendidikan mempunyai beberapa manfaat bagi beberapa kelompok kepentingan antara lain: 

  • Manfaat Untuk Sekolah 
  1. Sebagai acuan dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan dna rencana pengembangan sekolah
  2. Bahan masukan utnuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja suatu sekolah
  3. Sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas sekolah secara gradual
  4. Sekolah akan mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat ataupun sector swasta dalam hal moral, dana dan tenaga yang profesionalisme. 
Baca Juga : Juklak Pengelolaan NISN Tahun 2019
  • Manfaat  Untuk Kepala Sekolah 
  1. Bahan informasi untuk pemetaan Indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja seorang kepala sekolah selama 4 tahun atau selama 1 periode. 
  2. Bahan masukan utnuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja sekolah. 

  • Manfaat Bagi Guru 
  1. Sebagai dorongan bagai guru untuk terus dan selalu meningkatkan diri dari bekerja keras nutuk memberi layanan yang terbaik bagi peserta didiknya.
 
  • Manfaat Bagi Masyarakat (Wali Murid) 
  1. Sebagai informasi yang akurat untuk menyatakan kuantitas dan kualitas Pendidikan yang ditawarkan oleh masing-masing sekolah. 
  2. Membuktikan bahwa mereka menerima Pendidikan yang berkualitas tinggi, sehingga peserta didik akan mempunyai kepercayaan diri bahwa ia mampu masuk dan bersekolah pada Lembaga Pendidikan yang telah terakreditasi nasional. 

  • Manfaat Bagi Dinas Pendidikan 
  1. Sebagai acuan dalam rangka pembinaan dan pengembangan atau peningkatan kualitas Pendidikan di daerah masing-masing.
  2. Sebagai bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran Pendidikan secara umum, khususnya anggaran Pendidikan yang terkait dengan rencana anggaran biaya bagai Operasional Badan Akreditasi sekolah pada tingkat Dinas. 

  • Manfaat Bagi Pemerintah 
  1. Sebagai bahan masukan untuk pengembangan system akreditasi sekolah pada masa mendatang dan sebagai alat pengendalian kualitas pelayanan Pendidikan bagi masyarakat yang bersifat nasional. 
  2. Sebagai sumber informasi tentang tingkat kualitas layanan Pendidikan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk pembinaan, pengembangan, serta peningkatan kinerja Pendidikan secara besar (makro). 
  3. Sebagai bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran Pendidikan secara umum ditingkat nasional. 

Belum ada Komentar untuk "Hasil Akreditasi 2019 Tahap 1 Provinsi Nusa Tenggara Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel