Cara Update Sinkronisasi Dapodik Terbaru

foppsiwanasaba.com, sudah tidak asing lagi kita mendengar istilah Dapodik karena setiap instansi Pendidikan telah menggunakannya Aplikasi ini. Seperti biasanya setiap aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan setiap semesternya memiliki keunggulan dan Updating Data Pendidikan guna terus berupaya untuk membuat Data Pendidikan Indonesia menjadi benar-benar valid untuk dijadikan acuan dalam membuat suatu kebijakan oleh pemerintah. Namun disisi lain aplikasi tersebut juga memiliki beberapa kekurangan yang harus di sempurnakan termasuk dapodik versi 2020, dimana pada aplikasi ini banyak pengguna (Operator Sekolah) yang mengalami kendala pada saat sinkronisasi dimana pada saat kita klik menu sinkronisasi diminta untuk Update versi terbaru pada setelah dicek pada menu Pembaharuan belum ada. Nah, mulai pusing jadinya dengan keadaan demikian bukan? Bagiamana tidak, kita sudah capek-capek Entri Data tiba-tiba mengalami kendala gagal sinkronisasi. Jangan Khawatir temen-teman sekalian, berikut kami akan memberitau tentang Cara Update Sinkronisasi Dapodik versi terbaru. Bagaimana langkah-langkahnya yuukk ikuti penjelasannya dibawah ini. 

1. Pertama, silahkan buka browser (mozilla firfox, Chrome, dst) Lalu Klik Pojok Kanan, Pilih Menu History, kemudian klik (CTRL+H) seperti gambar dibawah ini. 
2. Kedua, Setelah berhasil membuka history maka kita klik “Clear Browsing Data” Lalu Klik Advaced dan Clear Histroy. seperti dibawah ini. 

3. Ketiga, Klik Local Dish (C), Pilih Program Files, Pilih Dapodik, Pilih datawebs, Lalu Pilih sycrn_dikdas. Kemudian ganti file sycrn dengan file terbaru. 

4. Keempat, Silahkan buka Dapodik teman-teman kemudian refresh dengan menggunakan tombol keyboard atau menekan tombol CTRL+F5. Seperti biasa sebelum melakukan Sinkronisasi lalukan Validasi terlebih dahulu dan kemudian klik Tombol Sinckronisasi serta tunggu proses sinkronisasi berakhir maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.  

5. Selamat Mencoba semoga sukses. 

Untuk mengganti file Sycrn_dapodik teman-teman dapat mendwonlaodnya pada link dibawah ini. 

1. File ajax.php               (download disini)
2. File Cek_versi.php       (download disini)
3. File sinkronisasi.php     (download disini)

Nah itulah beberapa Cara Update Sinkronisasi Dapodik Terbaru yang cukup singkat serta mudah bagi teman-teman yang mengalami kendala dalam singkronisasi. Semoga bermanfaat. Adapun jika ada yang masih kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini. 

Salam FOPPSI, Data Tepat dan Akurat. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Update Sinkronisasi Dapodik Terbaru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel